Web Toolbar by Wibiya

Alun-alun Pasuruan

Alun-alun Kota Pasuruan Berada di jantung Kota Pasuruan, ditandai dua buah gapura berwarna hijau yang berada disisi timur dan barat alun-alun.
Jika menilik lebih dekat, alun-alun kota Pasuruan lebih identik sebagai sebuah taman, dengan deretan tanaman hias yang tertata rapi menyembul diantara hamparan rerumputan hijau. Nampak begitu asri serta terasa sejuk terutama di pagi dan sore hari.
Di sebelah barat alun-alun nampak megah Masjid Jami’ Al Anwar, merupakan bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak lebih dari lima abad yang lalu, dengan beberapa kali mengalami pemugaran. Masjid Jami’ Al Anwar saat ini menjadi salah satu pusat kegiatan keagamaan umat Islam di kota Pasuruan. Di bagian belakang Masjid Jami’ Al Anwar terdapat makam ulama dan para tokoh penting, diantaranya makam KH. Abdul Hamid. KH. Abdul Hamid yang dilahirkan di Lasem, Rembang, Jawa Tengah ini dikenal sebagai seorang ulama besar kharismatik, tokoh pendiri Pondok Pesantren Salafiyah. Makam beliau tidak pernah sepi dari peziarah yang datang dari berbagai daerah.
Gerbang Timur

Alun-alun utara

Masjid Jami'

Inside Alun-alun Pasuruan

Inside (Selatan)

Inside (Selatan)

Inside (Timur)

Alun-alun Timur

Sedangkan di bagian timur alun-alun terdapat pemukiman penduduk, dibagian selatan pertokoan, dan di bagian utara terdapat kantor pos serta tower PDAM. Alun alun kota Pasuruan secara geografis tidak jauh dari pantai utara Jawa, hanya sekitar 3km kearah utara sudah mencapai bibir pantai. Disepanjang sisi pantai lebih didominasi pemukiman penduduk, yang sebagian warganya berprofesi sebagai nelayan.Alun-alun Kota Pasuruan bisa menjadi alternatif wisata keluarga yang murah meriah.

Night View

Tugu Alun-alun


Tugu with air mancur







Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar

 

Twitter Updates

Friend Link