Skip to main content

Iluminati, Mason, Piramida dengan mata satu.


Informasi Keliru
Banyak orang mendapat informasi keliru bahwa simbol Piramida dan Mata-Satu pada uang 1 Dollar AS adalah simbol Illuminati. Padahal seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa baik Illuminati dan AS lahir di tahun yang sama yaitu 1776, sehingga tidak mungkin ada keterikatan erat.

Jika kita melihat pesan tersembunyi dari simbol Piramida dan Mata-Satu pada uang 1 Dollar AS, justru yang akan kita temukan saat menggambarkan sebuah heksagram di atasnya adalah sebuah anagram yang membentuk kata M-A-S-O-N. Tidak ada pesan tersembunyi Illuminati di sana. Tetapi, mengapa ada pesan tersembunyi berupa kata "Mason"? Karena memang para pendiri AS adalah anggota Mason, dan simbol Mata-Satu adalah sebuah representasi Mason atas The Great Architect of the Universe atau Tuhan. Lalu, apa hubungan Freemason dengan heksagram atau Bintang David? Kita semua tahu, Freemason mempunyai keterkaitan dengan Kabbala, ajaran mistik Yahudi.



Jadi simbol 1 Dollar AS hanya dikait-kaitkan saja dengan Illuminati, karena pemunculan Mata-Satu sebagai simbol Anti-Kristus atau Dajjal, dan juga simbol Piramida dihubungkan sebagai simbol kaum Pagan atau penyembah berhala. Teori konspirasi memang adalah sebuah teori kait-mengkait, atau kait sana, kait sini. Khususnya teori konspirasi Illuminati. Jika dibenturkan dengan sejarah, maka akan cacat.

Illuminati Versi Dan Brown
Versi berbeda akan kita temukan saat membaca novel "Angels & Demons" karangan Dan Brown, maka kita akan menemukan simbol yang berbeda yaitu berupa ambigram atau susunan kata yang bisa dibaca terbalik atau dari sudut pandang lain, sebagai simbol Illuminati.



Novel "Angels & Demons" ini bercerita tentang konflik antara organisasi kuno rahasia bernama Illuminati dengan Gereja Katolik Roma. Latar belakang kisahnya terjadi di Eropa, bukan di AS. Barulah pada novel "Lost Symbol", Dan Brown mengangkat kisah tentang Freemason dan sejarah AS. Jadi memang Dan Brown sendiri menempatkan Illuminati dan Freemason sebagai 2 organisasi yang berbeda, terpisah jarak.

Kalaupun kita ingin membuat teori konspirasi tentang AS, maka organisasi yang paling tepat untuk disandingkan dengan AS adalah Freemason, bukan Illuminati yang setengah mitos. AS adalah negara yang didirikan oleh orang-orang Freemason, bahkan hingga kini para presiden AS yang silih-berganti itu jika ditelusuri adalah juga para anggota Freemason.

Sejarah Uang 1 Dollar AS
Penggunaan simbol Piramida dan Mata-Satu dalam pecahan uang 1 Dollar AS itu sendiri sebenarnya baru digunakan pada tahun 1935, padahal simbol tersebut sudah menjadi lambang negara AS lebih dari 150 tahun lalu. Penggunaan simbol pada uang 1 Dollar AS tersebut merupakan ide dari Franklin Delano Roosevelt, presiden AS saat itu, yang juga merupakan seorang Mason level 32. Berikut draft awal untuk uang 1 Dollar AS baru dengan tandatangan para pejabat AS saat itu.



Uang 1 Dollar AS tersebut merupakan sisi kedua, sedangkan sisi pertama yang bergambar George Washington tidak dilakukan perubahan berarti. Berikut adalah pecahan uang 1 Dollar AS sebelum tahun 1935, yaitu seri tahun sebelumnya, seri tahun 1928-1934:



Kembali pada pecahan uang 1 Dollar terbaru, jika kita perhatikan maka tidak hanya simbol Piramida dan Mata-Satu saja yang tercantum di sana, tetapi ada simbol lain yaitu Bald Eagle atau Elang Gundul. Simbol-simbol ini merupakan Great Seal of the United States (US) atau segel agung AS atau lambang negara AS. Di Indonesia, kita memiliki Garuda Pancasila.

Sejarah Simbol Piramida & Mata-Satu
Sekarang kita masuk tahap sejarah proses pembuatan simbol Piramida dan Mata-Satu. Kita akan mundur jauh ke belakang di awal kemerdekaan AS yaitu tahun 1776. Kita akan berkenalan dengan perancang Great Seal of the US, dia adalah William Barton yang dibantu oleh Charles Thomson.



Great Seal of the US dipublikasikan pertama kali tahun 1782 dengan proses pembuatan yang panjang yaitu sekitar 6 tahun sejak kemerdekaan AS tahun 1776. Great Seal of the US terdiri dari lambang Piramida Bermata-Satu dan Elang Gundul. Tapi kita tidak akan membahas lambang Elang Gundul pada kesempatan kali ini, kita hanya akan fokus pada pembahasan lambang Piramida Bermata-Satu.

Bagi para penganut teori konspirasi, tahap sejarah proses pembuatan Great Seal of the US tidak pernah dibahas, karena jika dibahas akan menghancurkan teori konspirasi Illuminati itu sendiri. Klaim mereka bahwa simbol Piramida dan Mata-Satu adalah simbol Illuminati yang dipakai sebagai lambang negara AS adalah Hoax, karena tidak sesuai dengan sejarah AS.

Tahap awal, Komite Pertama pembuatan Great Seal of the US terdiri dari Benjamin Franklin (seorang Mason), Thomas Jefferson dan John Adams. Perancang awal Great Seal of the US sekaligus sebagai konsultan adalah Pierre Eugene du Simitiere, dengan rancangan sebagai berikut: (Salah satu sumber sejarah AS ini diambil dari Wikipedia.org yang kemudian dianalisa dan dilengkapi dengan sumber lain tanpa menyadur mentah-mentah)



Du Simitiere kemudian melakukan perubahan atas masukan dari Komite Pertama, dan rancangan berikut inilah yang kemudian diajukan ke Kongres pada 20 Agustus 1776:



Hampir 4 tahun tanpa kejelasan dari Kongres, akhirnya pada 25 Maret 1780 dibentuk Komite Kedua yang terdiri dari James Lovell, John Morin Scott dan William Churchill Houston. Tidak ada satu pun anggota Freemason dalam Komite Kedua ini, karenanya calon lambang negara pun dirombak tanpa unsur Piramida dan Mata-Satu, dibantu oleh perancang yang berbeda dari sebelumnya, bernama Francis Hopkinson, sebagai berikut:



Pada 10 Mei 1780, rancangan Hopkinson diajukan ke Kongres, tapi Kongres malah mengembalikan rancangan tersebut kepada Komite Kedua. Setelah 2 tahun lebih, pada 4 Mei 1782, dibentuk kembali Komite Ketiga, terdiri dari Arthur Middleton, Elias Boudinot dan Arthur Lee yang kemudian digantikan oleh John Rutledge (seorang Mason). Kali ini perancangnya adalah seorang pemuda berumur 28 tahun bernama William Barton. Rancangan Barton sebetulnya terinspirasi dari pecahan uang 40 Dollar AS (berbentuk Mata-Satu yang bersinar) dan pecahan uang 50 Dollar AS (berbentuk 13 anak tangga mirip Piramida). Design pada uang 40 dan 50 Dollar AS tersebut sebenarnya adalah hasil rancangan Hopkinson (perancang lambang negara AS pada Komite Kedua). Hopkinson sendiri mempunyai latar belakang sebagai pengacara, penyair dan musisi. Sedangkan Barton juga seorang pengacara dengan gelar Master di bidang seni dan seorang heraldist atau ahli merancang simbol.



Barton bergerak cepat. Pada 9 Mei 1782 atau 5 hari setelah dibentuknya Komite Ketiga, rancangan Barton diajukan ke Kongres. Rancangan ini merupakan perpaduan dari rancangan sebelumnya milik Pierre Eugene du Simitiere dan Francis Hopkinson, sebagai berikut:



Pada 15 September 1789, Kongres meresmikan Great Seal of the US rancangan William Barton yang dibantu oleh Charles Thomson tersebut. Beberapa tahun kemudian dilakukan beberapa penyempurnaan terhadap lambang Segitiga Bermata-Satu hingga menjadi seperti di bawah ini:



Proses yang panjang dan alot menunjukkan bahwa pemilihan lambang negara AS sungguh selektif. Pemilihan tersebut bermakna dalam dan filosofis. Piramida berarti 13 tangga Negara Bagian AS. Sedangkan Segitiga Mata-Satu artinya adalah Tuhan dalam Trinitas, merupakan simbol klasik yang umum dipakai kaum Kristen di zaman Renaissance, seperti yang terdapat pada lukisan Jacopo Pontormo di tahun 1525.



Inilah sekelumit sejarah AS. Setidaknya membuka wawasan kita untuk melihat teori konspirasi Illuminati dari sudut lain. Jangan kita asal menuduh bahwa simbol pada Great Seal of the US dan simbol pada uang 1 Dollar AS adalah simbol perwujudan Dajjal milik Illuminati. Masing-masing keyakinan memiliki simbol Tuhannya sendiri. Patut kita hormati.

Silakan copy-paste, tapi mohon cantumkan sumber berupa link-back ke blog ini.
Sumber : Open-minded Club

Comments

Popular posts from this blog

Makam Ir.Satro Surotoko

Pohon Besar Ditengah-tengah makam Jalan Ir.Sastro Surotoko dari Jl. Ki Hajar Dewantara Jalan Menuju Makam Jalan Di samping jalan menuju ke makan Makam Ir.Sastro Surotoko

Pemakaman Warga Tionghoa - "Bong Cina"

Jalan dari Perkampungan sebelumnya menuju ke jembatan Jalan menuju ke Jembatan Jembatan menuju ke perkampungan TegalBero Sungai di belakang Bong

Silsilah Mbah Soehargo Kartohargo

05.00 Soetijah Kartohardjo + R. Soehargo Kartohargo 05.01. Siti Chasanah Kartohargo + H.C. Lahenda 05.01.01.  Lestari Rahayu Lahenda+ J.E. Sahetapy 05.01.01.01. Elfina Lebrina Sahetapy 05.01.01.02. Athilda Henriete Sahetapy 05.01.01.03. Wilma Laura Sahetapy 05.01 .02. Kresnoharyono Lahenda + Katarina Setiowati 05.01.02.01. Marcelina Denise Lahenda 05.01 .03. Farida Lahenda, [+ Dharma Setiawan] 05.01.03.01. Daniel Henri Setiadharma Setiawan 05.01.03.02. Emmanuel Christian Setiawan 05.01 .04. Hary Dumana Lahenda + Galuh Nuraini 05.01.04.01. Richard Toby Lahenda 05.01.04.01.01.            Charles Gideon Lahenda 05.01 .04.02. Tommy Natanael Lahenda 05.01 .05. Andy Resangka Lahenda + Arief Maria Ulfa 05.01.05.01. Patrick Fady Lahenda 05.01 .05.02. Elza Fady Lahenda 05.01 .06. Sat Janu Hari Adi Lahenda + Wahyu Pinasthi 05.01.06.01. Yonas Nova Irawan Lahenda 05.01 .06.02. David Henry Lahenda 05.01 .06.03. Tabita Cindy Lahenda 05.01 .07. Rheny Setiati Lahenda